Pengaruh novel dalam perkembangan emosi remaja

Macam Novel Yang Dikaji

Novel merupakan karya sastra tertulis yang berisi cerita lengkap dan terperinci. Dapat dikatakan pula bahwa novel adalah induk dari sebuah cerita pendek.tetapi hal itu tidak dapat dibuktikan hanya dengan pandangan sebelah mata saja.Apresiasi yang disajikan dalam setiap novel yang dijadikan analisis memiliki keunggulan dan kelemahan. Novel yang dijadikan analisis oleh tim Penyusun antara lain :

1  Ayat – ayat cinta

Novel adikarya Habiburahman El Shirazy ini sangat fenomenal dan disebut sebagai novel pembangun jiwa. Unsur relijius yang terkandung dalam novel ini kuat, utuh dan humanis. Novel yang mengisahkan tentang perjuangan cinta seorang mahasiswa miskin dari Indonesia di Universitas Al Azhar Mesir bernama Fahri Abdullah harus berhadapan dengan ujuan percintaan. Dirinya yang hanya seorang mahasiswa miskin, telah dicintai oleh tiga perempuan dengan kelebihan dan latar belakang berbeda – beda. Unsur cerit yang berlatar belakang pendidikan, agama, percintaan dan kehidupan social itu dikemas dalam suatu novel yang menjanjikan bagi penggemar maupun khalayak umum.

2  Laskar Pelangi

Laskar pelangi adalah sebuah novel fiksi ilmiah yang ditulis oleh Andrea Hirata. Novel tersebut menceritakan tentang perjuangan anak  – anak beliyung dalam menuntut ilmu. Tentang kehidupan, suka duka, pemikirang anggota Laskar Pelangi disajikan dalam bentyk yang memukau oleh andrea Hirata. Amanat novel yang menggelorakan semangat menuntut ilmu itu dipaparkan dengan bahasa sains yang disertai dengan glosarium di halaman belakang.

3  Novel Remaja

Lonely Joe, Elegi, Anabel oh Anabel, dll adalah sederet novel yang kontekstualnya menggambarkan hedionisnya kehidupan remaja. Novel – novel tersebutdisukai remaja karena memang dari segi kebahasaan yang dipakai, novel tersebut menggunakan bahasa pergaulan remaja saat ini. Tidak dipungkiri bahwa novel – novel tersebut juga menceritakan kehidupan, baik tingkah laku maupun tutur kata remaja saat ini. Unsur ekstrinsik yang disinggung dalam novel remaja juga tidak menutup kemungkinan, menabutrkan sedikitbanyak proses konseling ataupun bimbingan yang disertakan karena novel remaja merupakan bacaan yang lebih diminatioleh anak pada usia remaja menginjak dewasa.

4  Novel karya Fredy S.

Freddy S. merupakan novelis yang mengalami kejayaan pada tahun 90-an. Karya – karya yang monumentaldan menggambarkan hedonisnya kehidupan remaja pada saat itu, mmbuat nama Freddy S. melejit Bersama beberapa novelis, yang menulis novelnya dengan unsur cerita yang sama. Novel – nove tersebut menitikberatkan tentang hedonisnya pergaulan remaja saat itu.

5  Novel lain

Berikut ini merupakan novel – novel yang tidak tercantum dalam kategori novel diatas. Novel – novel ini diantaranya novel angkatan balai pustaka, angkatan 45, angktan 66, dan lain sebagainya.

Sistem Perkembangan Pada Kehidupan Remaja

Perkembangan remaja, benyak hal yang memiliki peran yang membentuk remaja menjadi ideal. Salah satunya adalahhal yang mampu masuk dalam kepribdianremaja tersebut. Salah satunya adalah novel, sebagai wujud karya sastra yang dijadikan bahan bacaan oleh kaum remaja. Perkembangan emosi dan perkembangan moraldalam mewarnaikepribadian seorang remaja merupakan bentukk awal dari efiforia dunia manusia.

1 Perkembangan emosi

Menurut English and English, emosi adalah “A complex feeling state accompanied by characteristic motor and glandular activies” (suatu keadaan perasaan yang kompleks yang disertai karakteristik kegiatan kelenjar dan motoris). Sedangkan menurut Sarlito Wirawan Sarwono berpendapatbahwa emosi merupakan “setiap keadaan pada diri seseorangyang disertai warna afektif  baik pada keadaan lemas(dangkal) maupun pada keadaan luas(mendalam)”.

Dalam pengertian diatas, dikemukakan bahwa emosi itu merupakan warna afektif yeng menyertai setiap keadaan atau perilaku indifidu. Yang dimaksud warna afektif adalah perasaan – perasaan tertentu yang dialami pada saat menghadapi (menghayati) suatu situasi tertentu. Seperti gembira, bahagia, putus asa, terkejut, benci, dan sebagainya.

Dibawah ini ada beberapa contoh tentang pengaruh emosi terhadap perilaku indifidu, diantaranya sebagai berikut :

  1. Memperkuatsemangat, apabila orang merasa senang atau puas atas hasil yang dicapai.
  2. Melemahkan semangat, apabila timbul rasa kecewaakibat kegagalan(frustasi).
  3. Menghambat atau mengganggukonsentrasi belajar, apabila sedang mengalami ketegangan emosi dan bisa juga menimbulkan rasa gugup (nervous) dan gagap dalam berbicara.
  4. Terganggu penyesuaian social, apabilaterjadi rasa cemburu dan iri hati.
  5. Suasana emosional yang diterimadan dialami indifidu semasa kecil akan mempengaruhi sikapnya di kemudian hari, baik bagi diri sendiri ataupun orang lain.

Pengelompokan emosi dapat dijadikan dua bagian yaitu emosi sensoris dan emosi kejiwaan (psikis).

  1. Emosi sensoris, yaitu emosi yaitu emosi yang ditimbulkan oleh ransangan dari luar terhadap tubuh seperti rasa dingin, panas, sakit, lelah, kenyang dan lapar.
  2. Emosi psikis, yaitu emosi yang memiliki alas an kejiwaan. Termasuk antara lain : perasaan intelektual, perasaan social, perasaan susila, perasaan keindahan dan perasaan ketuhanan.

2 Perkembangan pola fikir

Kematangan konsep dalam berfikir seorang remaja semakin teraasa manakala remaja tersebut konteks hidup yang dijalani. Pola fikir manusia dalam tingkatannya berbeda, menjadikanmenjadikan suatu perbedaan antara suatu indifidu dengan indifidu lain. Intelegency Question (IQ) atau tingtat kecerdasan, Emotional Question (EQ) atau tingkat emosi dan Spiritual Question (SQ) atau tingkat spiritual seorang rekaja yang berbeda menjadikannyawujud perkembangan ini samngat rawan pada saat anak mencapai periode emas (gold period) antara usia 3 – 5 tahun.

Macam – macam kepribadian remaja akibat novel

Kebutuhan merupakan dasar timbulnya tingkah laku indifidu. Indifidu bertingkahlaku karena adanya dorongan untuk memenuhi kebutuhannya. Pemenuhan kebutuhan ini sifatnya mendasar bagi kelangsungan hidup indifidu itu sendiri. Jika indifidu berhasil dlam memenudhi kebutuhanny, maka dia akan merasa puas, dan sebaliknya, kegagalan dalam memenuhi kebutuhan ini akan banyak menimbulkan masalah bagi dirinya maupun bagi lingkungannya.

Pemenuhan kebutuhan indifidu tergantung kepada kebutuhan yang sedang dialami. Ketiak indifidu sedang membutuhka IQ maka permasalahannya adalah tentang kecerdasan dan aspek – aspeknya. Pemenuhan kebutuhan indifidu dan EQ maka ia membutuhkan estetika dan sesuatu yang sesuai untuk mereka. Proses kebutuhan akan nilai keindahan sebagai pelampiasan struktur otak kanan mereka.

Karya sastra dalam perkembangannyaberdampak pada kepribadian remaja. Suatu ekspresi yang ditunjukkan dengan cara atau bentuk imitasi, empati maupun simpati terhadap karya sastra yang diminati.

Dari sekian banyak karya sastra, novel merupakan karya sastra yang selalu  up to date sepanjang masa. Novel remaja merupakan jenis novel yang paling diminati oleh kalangan remaja dibandingkan dengan novel lain.

Perkembangan dan pencitraan isi maupun performa novel, dinilai sangat sesuai dengan tingkat kedewasaan, pola fikir, hobi dan aspek kepribadian remaja pada umumnya.

Dari kuesioner yang dilakukan oleh Tim Penyusun didapatkan data bahwa para remaja menyukai novel tersebut karena dalam novel tersebut mengandung unsur percintaan, kehidupan remaja, tips dan trik, sangat menarik, memiliki makna, problem remaja, dan bahasa yang komunikatif sehingga lebih mudah dipahami.

Pada umumnya cerita yang dipaparkan dalam novel tersebut memang mengandung  unsur – unsur diatas. Remaja yang menginginkan suatu kebutuhan akan struktur otak kanan membuat novel ini digandrungi oleh mereka. Perbuatan atau tutur kata yang disajikan dalam cerita tersebutjuga tidak meninggalkan suatu unsur bimbingan dan konseling terhadap kehidupan remaja.

Dalam konteks kejiwaan, novel ayat – ayat cinta merupakan novel yang mengedepankan visi dan misi islam sebagai bacaan pergaulan. Deskripsi dan naeasi yang disuguhkan dalam novel tersebut dinilai membangunjiwakarena kisah cinta dan romantismenya dalam pergaulan diceritakan secara endetail tetapi tidak sampai menyinggung atau keluar dari syariat.

Novel tersebut ditulis berdasarkan pemikiran penulis dan berbagai sumber hukum islam serta etika dan norma islam yang up to date  dan terjamin keshahihannya. Wujud tutur kata, tingkah laku dan berbagai macam aspek pergaulan dalam siratan novel tersebut. Didukung sebagian besar remaja sebagai novel pembangun jiwa. Wujud dari nilai yang disampaikan dalam novel tersebut antara lain begaimana sikap menghormati dan menghargai sesame muslim, non muslim, mahram, bukan mahram,sisi islam dalam ajaran mendidik, kasih sayang serta etika islam yang dinilai membangun jiwa.

Lain ayat – ayat cinta, lain lagi laskar pelangi. Sastra sains fiksi yang ditulis Andrea Hiratta tersebut memukau sejumlah khalayak sastra. Novel yang menceritakan perjuangan anak – anak sekolah di pulau Belitung itu memicu semangat belajar dan berprestasi bagi para pembacanya. Novel tersebut tercatat sebagai best seller sebagai novel novel sains dan novel bermutu pendidikan. Bahasa yang digunakan dalam novel tersebuttidak tanggung hanya bahasa sastra tetapi juga bahasa ilmiah.

Hasil Kuesioner Tim Penyusun menunjukkan, alasan Novel laskar Pelangi digemari adalah dapat memicu semangat belajar, perkembangan teknologi, pedoman dan falsafah hidup, semangat generasi muda dalam mengarungi hidup, bertanggungjawab, dan nilai – nilai kebenaran.

Novel – novel karya freddy S. memang monumental pada zamannya. Novel – novel yang ditulisnya, mayoritas menceritakan dalam kultuh hedonistic. Namun sebagian remaja yang menyukai novel – novel karya Freddy S. justru menganggap novel Freddy S. sebagai pelajaran. Remaja kebanyakan mengambil sisi positifnya sehingga tidak terjerumus pada hal – hal tersebut.

 

Dampak Positif dan Negatif Novel

Sikap pro dan kontra dalam setiap aktualisasi tidak dapat dihindarkan, dua respon itu seakan mutlak dalam berbagai peristiwa. Tidak menutup kemungkinan, novel yang merupakan sarana sastra remaja, member sikap pro dan kontra dikalangan khalayak.

Adapun dampak positif dari novel adalah :

  1. Memberikan pelajaran hidup.
  2. Mengembangkan pola fikir dan pengembangan diri kepada kepribadian remaja.
  3. Memperdalam serta mengambil ikhtisar educative dari pesan yang disampaikan.
  4. Menimbulkan semangat belajar dalam peningkatan kajian sastra Indonesia.

Sedangkan dampak negatif dari novel pada kepribadian remaja adalah :

  1. Apilakasi terhadap sikap yang kurang baik dalam cerita/ novel
  2. Bersifat empati dan berlebihan.
  3. Membuat dirinya sebagai korban Voyeurisme.
  4. Menerapkan nilai – nilai yang kurang dibenarkan dalam etika hidup.

2 Komentar (+add yours?)

  1. Ayu Anisah
    Jan 18, 2012 @ 18:24:51

    terima kasih untuk artikelnya karena sangat membantu saya dlm mengerjakantugas sekolah🙂

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: