Valentine day

Sejarah hari valentine

Sejarah akan valentine sebenarnya masih menimbulkan sebuah tanda Tanya besar dan penuh kerancuan. Banyak versi cerita yang melatarbelakangi peringatan pada setiap 14 Pebruari tersebut. Konon valentine adalah kebiasaan dari jaman romawi kuno saat melakukan ritual penyucian setiap tanggal 13-18 Pebruari. Peringatan untuk mebghormati Juno februata (dewi cinta dan perkawinan) dan Pan (tuhan segala alam). Pada hari itu, para remaja mengundi nama – nama gadis sebgai pasangannyaselama setahun dan objek hiburan.

Pda 15 Pebruari mereka melakukan ritual meminta perlindungan pada dewa lupercalia dari gangguan srigala, Ketika Agama Kristen katolik masuk romawi, kaisar konstantine, dan Paus Gregory I mengapdosi peringatan tersebut dalam acara keagamaan pada tahun 496 M, Paus gellasius I menjadikan perayaan ini menjadi perayaan gereja dengan istilah Saint Valentine’s Day untuk menghormati kematian Saint Valentine yang meninggal 14 Pebruari.

Siapa sebenarnya saint valentine sendiri juga masih menjadi keraguan, karena terdapat berbagai macam versi. Versi pertama menceritakan bahwa saint valentine melanggar peraturan kaisar Claudius II. Kaisar Claudius II menganggap, tentara muda yang masih bujang(belum menikah) lebih tabah dan kuat di medan perang dibandingkan tentara yang sudah menikah.Sehingga Ia melarang tentaranya untuk menikah. Namun ternyata diam – diam saint valentine menikahkan banyak tentara, sehingga dia ditangkap dan dihukum gantng pada 14 Pebruari 269 M.

Versi kedua, kaisar Claudius II memerintahkan menangkap dan memejarakan saint valentine karena menyatakan tuhannya adalah isa almasih dan menolak menyembah dewa-dewa romawi. Orang-orang yang mendambakan doa dari saint valentine kemudian menulis surat dan meletakkannya di terali penjaranya.

Sedangkan versi ketiga menceritakan bahwa dalam penjara.saint valentine jatuh cinta pada seorang gadis muda yang mengunjunginya selama dalam penjara. Sebelum kematiannya dia menuliskan surat kepada sang gadis yang mengisyaratkan “your valentine”,suatu ekspresi kasih sayang yang hingga kini di pergunakan banyak orang.

Demikianlah sejarah singkat valentine ternyata ia adalah sejarah yang menyisakan banyak tandatannya.dan herannya bagaimana bisa para remaja ikut-ikut merayakannya tiap tahun padahal asal-usulnya tidak jelas.akhirnya mereka membuat hajatan valentine yang tidak berhubungan sama sekali dengan latar belakang sejarahnya.

Makna sesungguhnya hari valentine

Berbicara tentang makna valentine sebenarnya relative dari masing-masing individu. Masyarakat kita jelas ada yang pro dan kontra dengan masuknya budaya tersebut. Kalangan remaja kebanyakan pro dengan tradisi itu, mereka  mencari-cari kesempatan agar dapat mengajak dan diajak  pasangan atas nama cinta untuk menumpahkan rasa kasih sayang dengan versi dan pemahaman mereka. Yang kontra jelas orang tua ,terutama yang mempunyai anak remaja karena takut anaknya lupa diri dan melanggar norma agama.

Namun,tidak semua remaja yang pro dengan valentine dan, dan tidak semua orang tua yang kontra. Remaja-remaja yang teguh memegang teguh ajaran agama islam.menganghgap hari valentine tidak ada. Sesuatu yang sepesial untuk valetine pun tidak ada artinya. Mereka berpendapat bahwa valentine itu hanya buang-buang uang.agama islam juga tidak pernah mengenalkan ke pada para pemeluknya. Sebagaian dari mereka hanya mengartikan valentine sebagai hari kasih sayang saja, tapi kasih sayang itu bukan hanya ada pada hari itu saja. Menurut mereka hari-hari lainnya jaga harus juga penuh kasih sayang.sebagaian yang lain memandang valentine dari segi kebangsaan di anggap hari istimewa adalah candu dari Negara barat.pengaruh westernisasi mangotori adat ketimuran bangsa Indonesia. Globalisasi yang dibangga – banggakan, membuat bangsa Indonesia kehilangan jati diri. Kita cenderung mengekor pada Negara lain .ibnu khaldun berkata “bangsa yang kalah cenderung mengekor yang menang ”itulah yang yang membuat masarakat Indonesia ikut-ikutan budaya yang belum mereka pahami seluk beluknya.

Seberapa penting valentine dirayakan remaja

Ditanya tentang pentingnya valentine untuk dirayakan,sebagaian besar remaja yang dijadikan sampel penelitian ini menjawab valentine itu tedak penting karena agama islam tidak pernah mengajarkan apa itu valentine. Ada yang berpendapat valentine adalah bencana bagi islam, karena dosa mudah ditimbulkan tanpa terasa Ada yang bilang valentine adalah budaya barat yang tidak perlu ditiru, beberapa orang beropini hari valentine hanya hari biasa saja. Sedangkan penting tidaknya  tergantung pada indifidu itu sendiri. Norma dan budaya Indonesia yang bertentengan dengan perayaan ini juga menjadi alasan bahwa budaya orang-orang nasrani ini tidak perlu dirayakan. Karena menghambur-hamburkan uang dan waktu. Dari beberapa opini diatas sudah kita simpulkan bahwa sebagaian remaja bisa berfikir jernih dan mampu menyaring budaya yang baik dan yang buruk.

Pandangan islam terhadap valentine

Islam adalah agama yang benar dan sempurna,dan tidak tertinggal suatu yang kurang atau belum dijelaskan. Perayaan valentine day seharusnya hanya di lakukan oleh kaum nasrani, akan tetapi pada kenyatannya tidak sedikit generasi muda islam yang tidak paham terhadap dirinya sehingga ikut ambil bagian dalam perayaan tersebut. Selain itu jika di telusuri, budaya itu tidak sama dengan tuntunan islam, bahkan bertolak belakang. Dalam menyikapi hal ini Allah telah berfirman “janganlah kamu mengikuti apa yang tidak kamu ketahui tentangnya sesungguhnya pendengaran,penglihatan dan hati,semuanya akan di mintai pertanggung jawaban” (Terjemahan QS Al isro:36) firman Allah lainya adalah “dan seungguhnya jika kamu mengikuti keinginan mereka setelah datang ilmu kepadamu (keterangan –keterangan ),sesungguhnya kamu kalau demikian termasuk golongan orang-orang dzalim”(QS Al-baqoroh :145) Sebagai umat islam,para remaja wajib memahami hukum-hukum islam. termasuk dalam melakukan suatu perbuatan. Ada kewajiban untuk mengerti dan paham tentang hukumnya terlebih dahulu sebelum melakukan sesuatu.

Rasulullah SAW,telah memperingatkan umatnya agar tidak mengikuti dan menyerupai pola hidup orang-orang di luar islam”tidak akan  terjadi kiamat sebelum umatku menerima (mengikuti) apa-apa yang di lakukan bangsa terdahulu (pada masa silam) selangkah demi selangkah ,sehasta demi sehasta “ diantara para sahabat bertanya,ya rasulullah apa yang di maksud (disini) seperti bangsa Persia dan romawi? Rosulullah menjawab,”siapa lagi (kalau bukan mereka).”hadist yang lain berbunyi “siapa yang menyerupai suatu kaum ,maka ia termasuk kedalamnya” menyerupai saja tidak boleh,apa mengikuti. Jelas hukumnya haram , dan valentine termasuk kedalam kategori ini

Selain pandangan haram diatas, Islam juga telah mengajarkan pada pemeluknya untuk tetap zuhud (sederhana) gona’ah(menerima keadaan) serta melarang kufur nikmat, Maksudnya segala hal yang diberikan Allah pada setiap umatnya adalah nikmat yang harus disyukuri.

Perayaan Valentine day yang penuh hura – hura merupakan kegiatan yang menghamburkan nikmat. Kita lihat generasi muda sibuk membelanjakan harta untuk hal hal tidak berguna, Selain itu tenaga dan waktu juga terbuang sia – sia untuk aktifitas tak berguna tersebut

Dapat disimpulkan bahwa Valentine day merupakan tindakan kufur nikmat yang sangat mubadzir dan dibenci Allah. Sebagai remaja muslim yang beriman sudah sepatutnya kita mengambil langkah untuk tidak mengikuti budaya hari valentine yang tidak jelas asal  – usulnya Dan perlu kita ketahui budaya valentine day adalah cara bangsa barat untuk menjajah Indonesia, dengan merusak cara pandang para remaja. Mengapa remaja ? karena remaja adalah potensi suatu bangsa, sehingga bila para remajanya hancur maka hancurlah masa depan bangsa tersebut

1 Komentar (+add yours?)

  1. atika setiawan
    Sep 14, 2011 @ 22:08:08

    wahhh….

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: