maskot

maskot

Salah satu bentuk corporate idenity (identitas perusahaan) adalah maskot,  maskot adalah bntuk yang lebih dinamis sebagai media untuk promosi dan memperkenalkan  sebuah corporasi atau sebuah event.  layaknya logo dan corporate identity lainnya. Sebuah maskot di desain dengan Makna dan arti yang terkonsep setelah melakukan  proses observasi untuk mendapatkan sebuah rancangan yang terbaik agar dapat mencapai tujuan yang menjadi target desain .

Maskot yang ada di atas adalah salah satu contoh maskot untuk sebuah jurusan dari Universitas Terkemuka yang saya desain atas permintaan seorang teman. Desain yang ada cukup  simpel yang memasikan antara bentuk yang bersifat dinamis, lucu, alami dan mengandung rasa kasih sayang……….

Maskot tersebut  terinspirasi dari sebuah serial kartun (pokemon) yang  dalam serial kartun tersebut banyak terdapat banyak mahluk dan hewan lucu untuk digunakan dalam pertandingan………..  Setelah melihat berbagai jenis pokemon…. dan mempelajari tentang jurusan yang akan saya buatkan maskotnya….akhirnya…..proses pendesainanpun dimulai…..

Kalau di lihat memang ini bukanlah logo yang bagus.. karena pengerjaannya termasuk kasar dan kurang rajin…..namun memang begitulah konsep yang diangkat. maskot yang dibuat memang di tujukan bersifat apa adanya dan alamiah.  Maskot ini memiliki tiga sulur pada kepalanya yang memiliki  makna ilmu yang akan terus berkembang dan pengetahuan yang luas serta akan terus tumbuh seiring  waktu.

Warnanya di buat hijau yang dalam fengshui berarti panjang umur dan kealamian. terdapat dua sulur yang berujung daun juga menandakan kehidupan……

Sebenarnya masih banyak makna lain yang terkandung di dalamya……  dalam semiotika dan semantika tiap  elemen yang ada dalam sebuah karya desain memiliki makna dan tanda.

posting selanjutnya akan membahas tentang elemen elemen dasar dalam desain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: