DKV

Desain komunikasi visual adalah ilmu yang mengembangkan bentuk bahasa komunikasi visual berupa pengolahan pesan pesan untuk tujuan sosial atau komersial, dari individu atau kelompok yang ditujukan kepada individu atau kelompok lainnya. Pesan dapat berupa informasi produk, jasa atau gagasan yang disampaikan kepada target audience, dalam upaya peningkatan usaha penjualan, peningkatan citra dan publikasi program pemerintah. Pada prinsipnya dkv adalah perancangan untruk menyampaikan pola pikir dari penyampaian pesan kepada penerima pesan, berupa bentuk visual yg komunikatif, efektif, efisien dan tepat. terpola dan terpadu serta estetis, melalui media tertentu sehingga dapat mengubah sikap positif sasaran. elemen desain komunikasi visual adalah gambar/ foto, huruf, warna dan tata letak dalam berbagai media. baik media cetak, massa, elektronika maupun audio visual. akar bidang dkv adalah komunikasi budaya, komunikasi sosial dan komunikasi ekonomi. Tidak seperti seniman yang mementingkan ekspresi perasaan dalam dirinya, seorang desainer komunikasi visual adalah penterjemah dalam komunikasi gagasan. Karena itulah dkv mengajarkan berbagai bahasa visual yang dapat digunakan untuk menterjemahkan pikiran dalam bentuk visual.

Program Studi yang berlandaskan pada ilmu desain berbasis teknologi dan estetika yang memanfaatkan serta memberdayakan elemen-elemen visual sebagai alat untuk mengefektifkan dan mengefisiensikan suatu pesan atau informasi yang akan dikomunikasikan agar pesan tersebut dapat mempengaruhi dan merubah perilaku sasaran sesuai dengan tujuan yang diinginkan, secara informative, komunikatif dan persuasive. Desain Komunikasi Visual meliputi bidang desain grafis yang berbasiskan 2 dimensi (bersifat statis) )dan bidang bahasa rupa berbasiskan 3 dimensi (bersifat dinamis)). Bidang ini merupakan payung dari berbagai kegiatan komunikasi yang menggunakan berbagai media.

Graphic Designer (Merancang grafis, menghasilkan desain grafis yang komunikatif baik dari segi komposisi, kemudahan mencerna maksud iklan dan estetika

Ilustrator (Membuat ilustrasi, misal: sketsa dan karikatur, baik manual maupun menggunakan komputer)

Advertising Expert (Mampu berkarya di bidang agency periklanan, untuk membuat iklan outdoor)

Fotografer (Berprofesi sebagai expert di bidang fotografi)

Web Designer (Merancang web dengan prinsip-prinsip keseimbangan desain, value added pada suatu website sehingga lebih komunikatif dan menarik dari segi tampilan, cerdas dari sisi navigasi)

Animator (Mampu mendesain karya animasi yang berupa video animasi, bisa berupa iklan pendek, film kartun)

Ruang Lingkup

1. Indoor : brosur, leaflet, company profile, logo, corporate-image (memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan citra suatu perusahaan).

2. Outdoor : poster, billboard, sign system, pariwara outdoor (umbul-umbul), banner

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: